Senin, 18 Oktober 2010

Tumbuhan Lumut


Tumbuhan merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang banyak dimanfaatkan manusia. Hewan pun bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang macam-macam tumbuhan, Tumbuhan itu memiliki divisio,diantaranya;



1. Bryophyta (Tumbuhan Lumut)
2. Pteriodophyta (Tumbuhan Paku)
3. Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

Untuk saat ini saya akan menjelaskan Tumbuhan lumut dari divisio Bryophyta, asal kata dari bahasa Yunani bryum yang berarti "lumut". lumut adalah organisme dari kingdom plantae yang hidup di darat, tidak memiliki akar, batang dan daun sejati, serta tidak memiliki pembuluh pengangkut. Namun, lumut memiliki klorofil sehingga di golongkan dalam kingdom Plantae.

Sebagian lumut ada yang tubuhnya masih berupa talus(lembaran) dan ada yang sudah memiliki bagian tubuh mirip dengan akar, batang, dan daun. oleh karena itu, lumut disebut sebagai peralihan antara tumbuhan bertalus (Thallophyta) dan tumbuhan berkormus (Cormophyta) yang memiliki akar, batang, dan daun sejati.

Ciri-ciri Tubuhnya
Ciri tubuh lumut meliputi ukuran, bentuk, struktur dan fungsi tubuh
1. Ukuran dan bentuk Tubuh
Lumut berukuran makroskopik dengan tinggi rata-rata 1-2 cm.
dalam siklus hidupnya lumut mengalami pergantian generasi, yaitu gametofit dan sporofit. Ehmmpz, lumut yang sering kita lihat itu sebenarnya adalah lumut Gametofit. Apa itu gametofit???
Gametofit adalah lumut yang menghasilkan sel kelamin (gamet).

Gametofit itu ada yang berbentuk lembaran
Contoh :


dan juga ada yang berbentuk tumbuhan kecil yang memiliki bagian batang dan daun serta bagian akar berupa benang (Rizoid).
Contoh :

Tubuh Lumut Gametofit selalu ditumpangi oleh Lumut Spoofit. Apa itu Sporofit???Sporofit adalah lumut yang menghasilkan spora. Bentuk sporofit ada yang seperti terompet memanjang atau seperti kapsul bertangkai panjang.

2. Struktur dan Fungsi Tubuh
Tubuh lumut terdiri dari sel-sel yang memiliki kloroplas. Kloroplas mengandung pigmen klorofil untuk fotosintesis.tubuh lumut tidak memiliki jaringan pengangkut air dan mineral sehingga disebut juga sebagai tumbuhan tak berpembuluh. Sehingga Air dan mineral diperoleh dengan cara difusi oleh setiap bagian tubuh lumut.
Tumbuhan lumut gametofit memiliki alat perkembangbiakan multiseluler yang disebut gametangium, gametangium ini terdiri dari gametangium jantan (Anteridium) dan gatangium Betina (Arkegonium).
Pada lumut gametofit terdapat lumut sporofit (sporogonium), dan hidupnya itu selalu menumpang pada lumut gametofit. Sebagian besar Lumut sporofit yang multiseluler memiliki tempat pembentukan spora yang disebut kotak spora (Sporangium).

3. Cara Hidup dan Habitat
Lumut adalah organisme fotoautotrof yang dapat mensintesis makanannya sendiri. Saat Lumut membutuhkan Air dan Mineral untuk fotosintesis maka lumut memperolehnya dengan cara difusi. cara penyerapan difusi inilah yang menyebabkan si Lumut cocok pada habitat yang lembab dan teduh. Seperti tanah, Bebatuan, dan Pohon.

4. Reproduksi
Lumut berkembang biak secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan spora, sedangkan Reproduksi seksualnya terjadi dengan adanya penyatuan Gamet Jantan dan gamet betina yang kemudian akan menghasilkan Zigot.
Gambar Siklus Reproduksi Lumut


Sekian dulu untuk pembahasan dari Tumbuhan Lumut divisio Bryophyta..



Sumber : BIOLOGI SMA & MA Untuk kelas X

1 komentar: